• Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia
About us

Lorem ipsum dolor sit amet cons ectetur adipiscing elit donec metus nibh sceler isque et suscipit id auctor vitae magna nam sollicitudin velit tortor ut efficitur velit sagittis.

Monday, 19 August 2019 06:55

Sejarah

Written by

Upaya meningkatkan jumlah jurnal ilmiah bertaraf internasional merupakan tantangan besar bagi editor sebagai garda terdepan dalam menentukan kualitas tulisan hasil penelitian yang dipublikasikan dan berimplikasi pada reputasi jurnal ilmiah yang dikelolanya. Integritas dan kredibilitas editor menjadi taruhan bagi penerbitan jurnal ilmiah yang bereputasi internasional. Oleh karena itu, peningkatan kapasitas dewan editor dalam mengelola jurnal dan manuskrip perlu ditingkatkan secara berkesinambungan.

Atas dasar semangat kebersamaan untuk meningkatkan kapasitas dewan editor dalam pengelolaan jurnal ilmiah sebagai media komunikasi ilmiah secara internasional melalui pertukaran informasi di antara dewan editor di seluruh Indonesia, perlu dibentuk wadah berkumpulnya dewan editor jurnal ilmiah di Indonesia.

Pembentukan Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) diawali pada tanggal 28 Juli 2017 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor yang diinisiasi oleh beberapa Editor jurnal ilmiah. Pada awalnya, nama perkumpulan yang disepakati adalah Asosiasi Dewan Editor Indonesia (ADEI). Seiring dengan proses pengurusan legalitas di Kementerian Hukum dan HAM, nama ADEI diubah menjadi Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII). HEBII secara resmi di-launching pada Kongres I yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2018 di Aula Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Jl. Padjadjaran Kav E.59 Bogor.

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) merupakan organisasi non-pemerintah, non-partisan, dan non-profit tempat berkumpulnya dewan editor jurnal Indonesia.  HEBII ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dewan editor dalam pengelolaan jurnal ilmiah sehingga dapat meningkatkan kualitas jurnal dan mempercepat proses internasionalisasi jurnal di Indonesia melalui pertukaran informasi di antara dewan editor. HEBII bekerjasama dengan Council of Asian Science Editors (CASE) membantu peningkatan kapasitas dewan editor Indonesia dalam mengelola jurnal dan manuskrip untuk meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan manusia. CASE merupakan asosiasi dewan editor jurnal tingkat regional ASIA berpusat di Korea Selatan yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan di ASIA untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan manusia.

Friday, 12 January 2018 02:26

Preface from the Presiden

Written by

Salah satu tolok ukur kinerja penelitian dari suatu negara dapat dilihat dari jumlah publikasi ilmiah pada jurnal yang bertaraf internasional. Dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan semangat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, kualitas penelitian ilmiah di Indonesia terus meningkat dan para peneliti atau dosen banyak menghasilkan artikel yang dipublikasikan di jurnal ilmiah. Bahkan pada tataran negara-negara ASEAN, pada tahun 2018 jumlah publikasi Indonesia sudah menjadi nomor satu, melampaui jumlah publikasi negara Malaysia. Jumlah publikasi yang tinggi tersebut masih belum menunjukkan kualitas publikasi yang diharapkan karena sebagian besar publikasi tersebut merupakan publikasi pada prosiding terindeks Scopus atau Web of science. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah pada jurnal internasional perlu terus ditingkatkan, salah satunya dengan meningkatkan jumlah jurnal yang terindeks di Scopus atau Web of Science yang menjadi acuan untuk publikasi internasional. Sampai saat ini jumlah jurnal terindeks Scopus hanya 51 jurnal, ESCI 63 jurnal, yang terakreditasi Kemeristekdikti 2697 jurnal, sehingga masih banyak sekali jurnal yang kualitasnya perlu ditingkatkan agar memenuhi kriteria sebagai jurnal internasional bereputasi.

Kualitas jurnal sangat ditentukan oleh kinerja dewan editor, sehingga untuk meningkatkan jumlah jurnal bertaraf internasional maka peningkatan kapasitas dewan editor dalam mengelola jurnal dan manuskrip perlu ditingkatkan secara berkesinambungan. Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) merupakan organisasi non-pemerintah, non-partisan, dan non-profit tempat berkumpulnya dewan editor jurnal Indonesia.  HEBII bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dewan editor dalam pengelolaan jurnal ilmiah sehingga dapat meningkatkan kualitas jurnal dan mempercepat proses internasionalisasi jurnal di Indonesia melalui pertukaran informasi di antara dewan editor. Kami sangat berharap HEBII bisa menjadi mitra pemerintah dalam meningkatkan kualitas jurnal di Indonesia, mengingat jumlah jurnal yang begitu banyak sehingga tidak mungkin ditangani sendiri oleh pemerintah.

HEBII merupakan perwakilan resmi Lembaga Dewan Editor Asia atau Council of Asian Science Editors (CASE) di Indonesia. Saya sebagai Ketua HEBII pada tahun 2018 terpilih menjadi Vice President CASE untuk periode 2018-2020. HEBII terbentuk pada tanggal 26 Januari 2018 setelah melalui beberapa kali pertemuan dengan beberapa ketua editor jurnal di JABODETABEK. Pada Kongres I HEBII telah merumuskan AD/ART, struktur organisasi, dan perangkat organisasi, serta program kerja masing-masing komisi. CASE sendiri merupakan asosiasi dewan editor jurnal tingkat regional ASIA yang berpusat di Korea Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan di ASIA untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan manusia. Salah satu kegiatan CASE adalah Asian Science Editors Conference and Workshop yang dilaksanakan setiap dua tahun dengan tuan rumah penyelenggara bergantian di antara anggota CASE. Tahun 2018, Indonesia menjadi tuan rumah the 5th Asian Science Editor Conference and Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 18-19 Juli 2018 di IPB International Convention Center. Konferensi dan workshop dewan editor Asia tahun 2018 sangat spesial karena dilaksanakan bekerjasama dengan APAME (Asia Pacific Association of Medical Editors). Konferensi dihadiri oleh lebih dari 250 peserta yang berasal dari 22 negara Asia-Pasifik.

Beberapa kegiatan workshop nasional dan internasional juga telah dilaksanakan pada tahun 2018 dan 2019 bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti. Sejauh ini, hasil yang diperoleh cukup signifikan dilihat dari peningkatan jumlah jurnal yang terindeks di Scopus, Clarivate Analytics, maupun jumlah jurnal yang terakreditasi Sinta. Mudah-mudahan kedepan HEBII bisa berkontribusi lebih banyak lagi dalam mempercepat peningkatan kualitas jurnal di Indonesia.

 

Bogor, 17 Agustus 2019

Ketua HEBII

Prof. Dr. Ir. I Komang Gede Wiryawan

Thursday, 11 January 2018 08:10

Komisi dan Kegiatan

Written by

Komisi dan Kegiatan

 

Komisi Pendidikan dan Pelatihan

  • Mengelola kegiatan pelatihan yang berhubungan dengan penulisan dan penelaahan artikel ilmiah, editing jurnal ilmiah, dan konferensi akademik tahunan ADEI.
  • Mengelola kegiatan pelatihan bagi editor naskah, menyediakan gaya dan format untuk editing naskah
  • Mengelola sistem untuk sertifikasi editing naskah ilmiah secara profesional
  • Tugas lainnya terkait editing naskah

 

Jabatan

Nama

Instansi

Ketua

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

 

 

Komisi Etika Publikasi

  • Merencanakan dan melakukan aktivitas terkait dengan etika publikasi dari artikel ilmiah
  • Mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan etika publikasi dari setiap anggota ADEI
  • Memproses dan menentukan penyelesaian masalah yang terkait dengan pelanggaran etika publikasi yang dilakukan oleh setiap anggota ADEI dengan tetap bermusyawarah bersama Dewan Eksekutif

 

Jabatan

Nama

Instansi

Ketua

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

 


Komisi Publikasi dan Informasi

  • Bertanggungjawab dalam proses penyusunan isi dan penerbitan newsletter dan jurnal resmi ADEI
  • Mengelola website ADEI
  • Melakukan publikasi terkait dengan pengelolaan jurnal, kegiatan ADEI dan sebagainya.

 

Jabatan

Nama

Instansi

Ketua

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

 

 

Komisi Kerjasama

  • Mengelola hubungan dengan perhimpunan dan institusi akademik nasional/regional/internasional
  • Mengelola hubungan antar anggota

 

Jabatan

Nama

Instansi

Ketua

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

Anggota

 

 

 

 

 

Thursday, 11 January 2018 07:51

Struktur Organisasi HEBII

Written by
Thursday, 11 January 2018 02:58

Anggaran Rumah Tangga

Written by

Anggaran Rumah Tangga ADEI dapat diunduh pada attachment dibawah ini

Thursday, 11 January 2018 02:38

Anggaran Dasar

Written by

Anggaran Dasar ADEI dapat di download di attachment

Thursday, 11 January 2018 02:16

Visi, Misi dan Tujuan

Written by

Visi

Menjadi organisasi yang berkontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di Indonesia.

Misi

Meningkatkan kualitas dan keterbacaan jurnal Indonesia, serta mempromosikannya ke tingkat Internasional

Tujuan

(1) Mewadahi kerjasama, komunikasi dan informasi antar anggota maupun organisasi profesi lain pada tingkat nasional, regional dan internasional.

(2) Meningkatkan kualitas jurnal ilmiah Indonesia dengan berbagi informasi dan konsultasi tentang editing dan publikasi.

(3) Melakukan pembinaan guna menjaga kualitas jurnal ilmiah di Indonesia.

(4) Mengupayakan keterbacaan jurnal Indonesia di tingkat nasional, regional, dan internasional

Lets Join with us!

Mari bergabung bersama kami

Bagaimana pendapat mereka mengenai HEBII?

Slider