id Indonesian en English

Online Workshop II: Strategi dan Kriteria Evaluasi Indeksasi Jurnal Ilmiah di Web of Science

Pemateri        : Prof. Dr. Istadi, S.T., M.T. (Universitas Diponegoro)

Moderator      : Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS. (Universitas Brawijaya,Wakil Ketua II HEBII)

Hari/Tanggal  : Kamis, 24 September 2020 pukul 13.00-15.30

Tempat          : ZOOM Meeting

 

Link download: http://bit.ly/MateriWorkshop-II

Online Workshop I: Strategi dan Kriteria Evaluasi Indeksasi Jurnal Ilmiah di SCOPUS

 

Pemateri        : Prof. Dr. Komang G. Wiryawan (Ketua HEBII)

Moderator      : Dr. Sri Suharti (Sekjen HEBII)

Hari/Tanggal  : Senin, 24 Agustus 2020 pukul 09.30-12.00

Tempat          : ZOOM Meeting

 

Link download: http://bit.ly/Materiworkshop24agustus2020

Yth. Bapak/Ibu kolega,

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) akan menyelenggarakan Online Workshop I: Strategi dan Kriteria Evaluasi Indeksasi Jurnal Ilmiah di SCOPUS. Kegiatan ini merupakan workshop pertama dari rangkaian workshop pengelolaan jurnal ilmiah yang dikelola oleh HEBII yang akan berlangsung pada tahun ini.

Pemateri        :  Prof. Dr. Komang G. Wiryawan (Ketua HEBII)
Moderator      :  Dr. Sri Suharti (Sekjen HEBII)
Hari/Tanggal   :  Senin, 24 Agustus 2020 pukul 09.30-12.00
Tempat         :  ZOOM Meeting

Kami mengundang Bapak/Ibu untuk bergabung pada kegiatan tersebut melalui link registrasi: https://bit.ly/onlineworkshopHEBII-I

Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Dr. Jakaria
Ketua Komisi Pendidikan dan Pelatihan
Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia

 

 

Thursday, 20 February 2020 03:10

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) merupakan organisasi non-pemerintah, non-partisan, dan non-profit tempat berkumpulnya dewan editor jurnal Indonesia. HEBII didirikan pada hari jumat tanggal 26 Januari 2018 untuk jangka waktu yang tidak terbatas. HEBII bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dewan editor dalam pengelolaan jurnal ilmiah sehingga dapat meningkatkan kualitas jurnal dan mempercepat proses internasionalisasi jurnal di Indonesia melalui pertukaran informasi di antara dewan editor.  HEBII bekerjasama dengan Council of Asian Science Editors (CASE) membantu peningkatan kapasitas dewan editor Indonesia dalam mengelola jurnal dan manuskrip untuk meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan manusia. CASE merupakan asosiasi dewan editor jurnal tingkat regional ASIA berpusat di Korea Selatan yang bertujuan meningkatkan kualitas jurnal yang diterbitkan di ASIA untuk berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan manusia.

Tujuan HEBII

Tujuan dibentuknya HEBII adalah :

  1. Mewadahi kerjasama, komunikasi dan informasi antar anggota maupun organisasi profesi lain pada tingkat nasional, regional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas jurnal ilmiah Indonesia dengan berbagi informasi dan konsultasi tentang editing dan publikasi.
  3. Melakukan pembinaan guna menjaga kualitas jurnal ilmiah di Indonesia.
  4. Mengupayakan keterbacaan jurnal Indonesia di tingkat nasional, regional, dan internasional

 

Kegiatan HEBII

  1. Kerjasama antar editor jurnal ilmiah di tingkat nasional, regional, maupun internasional
  2. Kerjasama dalam upaya indeksasi jurnal ilmiah di pangkalan data (database) pengindeks di tingkat nasional, regional, dan internasional
  3. Pengembangan standar kualitas jurnal ilmiah
  4. Peningkatkan kompetensi dewan editor dalam mengelola naskah dan jurnal ilmiah
  5. Pendampingan penerapan etika publikasi pada jurnal ilmiah
  6. Promosi dan diseminasi informasi tentang kinerja HEBII
  7. Inisiasi kegiatan lain yang dianggap perlu bagi pengembangan jurnal ilmiah

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia pada tanggal 24 Januari 2020 menyelenggarakan Kongres II bertempat di Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Bogor, yang dihadiri oleh 59 anggota HEBII dan 5 staf Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristek. Kongres ini menandakan berakhirnya kepengurusan HEBII periode 2018-2020. Kongres dibuka oleh sambutan dari Kepala Puslitbangnak, Dr. Ir. Atien Priyanti Sudarjo Putri, M.Sc, sambutan dan laporan pertanggungjawaban Ketua HEBII, Prof. Dr. Komang G Wiryawan, dan sambutan oleh Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek, Dr. Lukman, ST, M.Hum.

Kongres II juga memiliki beberapa agenda, antara lain rapat Komisi I yang dipimpin oleh Dr. Yopi Novita membahas AD/ART, rapat Komisi II dipimpin oleh Prof. Ismeth Inounu membahas program kerja, dan rapat Komisi III dipimpin oleh Prof. Dr. Rajab Ritonga membahas perangkat organisasi. Hasil rapat komisi dan rapat pleno memutuskan beberapa revisi AD/ART, pembahasan program kerja periode 2020-2022, dan perangkat organisasi yang akan dipublikasikan di website HEBII.

Selain itu, dilaksanakan pendampingan untuk jurnal-jurnal yang akan melakukan akreditasi dan internasionalisasi jurnal. Mentor untuk coaching akreditasi adalah Dr. Tuti Suryati dan Prof. Rajab Ritonga, sedangkan mentor untuk coaching internasionalisasi jurnal adalah Prof. Dr. Komang G. Wiryawan, Dr. Sri Suharti, Dr. Dewi Susanna, Prof. Dr. Ismeth Inounu, Prof. Dr. Zulkardi, Prof. Dr. Kuswanto, dan Prof. Dr. Ekowati Chasanah.

Kegiatan kongres berjalan dengan baik yang menghasilkan beberapa keputusan, antara lain memilih kembali Prof. Dr. Komang G. Wiryawan sebagai Ketua HEBII periode 2020-2022. Ketua HEBII akan membentuk susunan pengurus selambatnya dua minggu setelah kongres.

Materi Indonesian Journal Editors Workshop: Scopus Criteria and Evaluation Process Workshop

Jakarta, 13 September 2019

Link download: bit.ly/scopusworkshop2019

Link foto: http://bit.ly/fotoscopusworkshop2019

Friday, 30 August 2019 07:43

Emblem


 

Logo HEBII dapat dilihat pada Gambar dengan maknanya sebagai berikut: himpunan editor dari berbagai jurnal dan ujung pena yang mengarah ke tengah melambangkan berkarya, berkolaborasi, dan berinovasi bersama-sama. Warna hijau melambangkan produktivitas publikasi ilmiah dan warna oranye melambangkan kreativitas dan komunikasi sosial.

Materi International Workshop for Journal Editors_2019

Download : http://bit.ly/iwie2019

Materi Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi_2019

Download : http://bit.ly/workshopakreditasi

Materi The 5th Asian Science Editors Conference and Workshop 2018

  1. Day 1: http://bit.ly/slide-day1-case2018
  2. Day 2: http://bit.ly/slide-day2-case2018
Page 1 of 4

Latest News

  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia pada tanggal 24 Januari 2020 menyelenggarakan Kongres II bertempat di Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Bogor, yang dihadiri oleh 59 anggota HEBII dan 5 staf Fasilitasi…
    Kongres II Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia kembali bekerjasama dengan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan workshop. Workshop mengambil tema “International Workshop for Journal Editors” dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam manajemen jurnal…
    International Workshop for Journal Editors
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia dan Kemenristekdikti telah bekerjasama menyelenggarakan "Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi” pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2019 di Salak Tower Hotel, Bogor. Kegiatan ini…
    Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi
More News