id Indonesian en English
News

News (3)

Wednesday, 19 February 2020 05:46

Kongres II Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia

Written by

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia pada tanggal 24 Januari 2020 menyelenggarakan Kongres II bertempat di Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Bogor, yang dihadiri oleh 59 anggota HEBII dan 5 staf Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristek. Kongres ini menandakan berakhirnya kepengurusan HEBII periode 2018-2020. Kongres dibuka oleh sambutan dari Kepala Puslitbangnak, Dr. Ir. Atien Priyanti Sudarjo Putri, M.Sc, sambutan dan laporan pertanggungjawaban Ketua HEBII, Prof. Dr. Komang G Wiryawan, dan sambutan oleh Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristek, Dr. Lukman, ST, M.Hum.

Kongres II juga memiliki beberapa agenda, antara lain rapat Komisi I yang dipimpin oleh Dr. Yopi Novita membahas AD/ART, rapat Komisi II dipimpin oleh Prof. Ismeth Inounu membahas program kerja, dan rapat Komisi III dipimpin oleh Prof. Dr. Rajab Ritonga membahas perangkat organisasi. Hasil rapat komisi dan rapat pleno memutuskan beberapa revisi AD/ART, pembahasan program kerja periode 2020-2022, dan perangkat organisasi yang akan dipublikasikan di website HEBII.

Selain itu, dilaksanakan pendampingan untuk jurnal-jurnal yang akan melakukan akreditasi dan internasionalisasi jurnal. Mentor untuk coaching akreditasi adalah Dr. Tuti Suryati dan Prof. Rajab Ritonga, sedangkan mentor untuk coaching internasionalisasi jurnal adalah Prof. Dr. Komang G. Wiryawan, Dr. Sri Suharti, Dr. Dewi Susanna, Prof. Dr. Ismeth Inounu, Prof. Dr. Zulkardi, Prof. Dr. Kuswanto, dan Prof. Dr. Ekowati Chasanah.

Kegiatan kongres berjalan dengan baik yang menghasilkan beberapa keputusan, antara lain memilih kembali Prof. Dr. Komang G. Wiryawan sebagai Ketua HEBII periode 2020-2022. Ketua HEBII akan membentuk susunan pengurus selambatnya dua minggu setelah kongres.

Monday, 19 August 2019 08:25

International Workshop for Journal Editors

Written by

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia kembali bekerjasama dengan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan workshop. Workshop mengambil tema “International Workshop for Journal Editors” dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam manajemen jurnal dan indeksasi menuju jurnal internasional bereputasi. Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 25-27 Maret 2019 di Denpasar, Bali, dengan mengundang pembicara dari COPE, Scopus, Web of Science, DOAJ, iThenticate, dan OJS. Peserta berjumlah 143 editor jurnal dari 152 editor di Indonesia yang berasal dari bidang ilmu eksakta dan ilmu sosial yang jurnalnya masuk kategori SINTA 2 sampai SINTA 4, sudah berbahasa Inggris, serta belum diindeks di SCOPUS maupun Web of Science.

Kegiatan workshop ini diadakan karena jumlah jurnal ilmiah di Indonesia sangat banyak, tetapi dari segi kualitas masih memerlukan peningkatan, terutama untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi jurnal internasional bereputasi. Selain itu, plagiarisme dan etika publikasi saat ini juga menjadi isu penting dalam penerbitan artikel ilmiah di Indonesia dan dunia internasional. Pengetahuan dan kesadaran untuk menghindari plagiarisme dalam penerbitan jurnal manjadi tanggung jawab bersama antara editor jurnal, reviewer, dan penulis. 

Materi workshop disampaikan selama dua hari, yaitu pada tanggal 25 Maret dan 26 Maret 2019. Kegiatan hari pertama dimulai pada pukul 13.00 dengan yang dibuka oleh Ketua Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) diikuti dengan sambutan dari Dr. Lukman (Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah) tentang “Internationalization programs of Indonesian journals”. Beliau menyampaikan bagaimana perkembangan jurnal ilmiah di Indonesia dari jurnal lokal menjadi jurnal internasional. Terdapat 59.134 jurnal yang telah memiliki ISSN, dari jumlah tersebut 37.920 adalah e-jurnal, 2.278 sudah diindeks oleh SINTA, 1.430 sudah diindeks DOAJ, 48 jurnal sudah diindeks SCOPUS, dan 45 jurnal diindeks oleh ESCI.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Kemenristekdikti dan Clarivate Analytics yang masing-masing diwakili oleh Dr. Muhammad Dimyati dan Dr. Jeoren Prinsen. Kegiatan workshop diakhiri dengan penutupan oleh Dr. Muhammad Dimyati (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti). Kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam indeksasi menuju jurnal internasional bereputasi.

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia dan Kemenristekdikti telah bekerjasama menyelenggarakan "Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi” pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2019 di Salak Tower Hotel, Bogor. Kegiatan ini diikuti oleh editor jurnal ilmiah yang belum terakreditasi yang masuk dalam kelompok SINTA 3 sampai 6.

Kegiatan workshop dihadiri oleh 46 editor jurnal dari 51 editor yang diundang yang belum diakreditasi dan berasal dari SINTA 3 sampai SINTA 6. Peserta adalah editor jurnal yang berasal dari bidang ilmu eksakta dan ilmu sosial. Narasumber pada kegiatan ini adalah para ahli di bidang pengelolaan jurnal yang telah berhasil mengelola jurnal ilmiah nasional menjadi jurnal internasional.

Materi workshop disampaikan selama dua hari, yaitu pada tanggal 31 Januari dan 1 Februari 2019. Registrasi peserta dan tamu undangan pada hari pertama dimulai pukul 12.00 WIB. Acara dimulai pada pukul 13.00 diawali dengan sambutan oleh Ketua Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) dilanjutkan dengan pembukaan oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual. Materi pada hari pertama disampaikan mulai pukul 13.30 berturut-turut adalah Kebijakan Kemenristekdikti dalam pengelolaan jurnal ilmiah, Penggunaan OJS dalam pengelolaan jurnal ilmiah (Prof. Dr. Istadi, Universitas Diponegoro), Strategi indeksasi pada lembaga pengindeks bereputasi (Dr. Tole Sutikno, Universitas Ahmad Dahlan), dan etika publikasi (Dr. Ide Bagus Siaputra, Universitas Surabaya). Materi pada hari kedua terdiri atas Tugas dan peran editor (Prof. Dr. Komang G. Wiryawan, Institut Pertanian Bogor), Review manuskrip ilmu eksakta dan identifikasi plagiarism (Prof. Dr. Wasmen Manalu, Institut Pertanian Bogor), Review manuskrip ilmu sosial dan identifikasi plagiarism (Prof. Ali Saukah, Universitas Malang), dan otomatisasi referensi (Dr. Anuraga Jayanegara, Institut Pertanian Bogor). Materi disampaikan dalam bentuk presentasi dan praktek/diskusi.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan para editor jurnal ilmiah dapat meningkatkan kapasitas dalam melakukan proses pengelolaan secara online, memahami tugas dan peran editor, etika publikasi, panduan dalam review manuskrip, otomatisasi referensi, serta indeksasi jurnal menuju jurnal nasional terakreditasi.

Latest News

  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia pada tanggal 24 Januari 2020 menyelenggarakan Kongres II bertempat di Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Bogor, yang dihadiri oleh 59 anggota HEBII dan 5 staf Fasilitasi…
    Kongres II Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia kembali bekerjasama dengan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan workshop. Workshop mengambil tema “International Workshop for Journal Editors” dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam manajemen jurnal…
    International Workshop for Journal Editors
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia dan Kemenristekdikti telah bekerjasama menyelenggarakan "Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi” pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2019 di Salak Tower Hotel, Bogor. Kegiatan ini…
    Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi
More News