id Indonesian en English
Monday, 19 August 2019 08:25

International Workshop for Journal Editors

Written by
Rate this item
(0 votes)

Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia kembali bekerjasama dengan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan workshop. Workshop mengambil tema “International Workshop for Journal Editors” dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam manajemen jurnal dan indeksasi menuju jurnal internasional bereputasi. Kegiatan berlangsung selama 3 hari pada tanggal 25-27 Maret 2019 di Denpasar, Bali, dengan mengundang pembicara dari COPE, Scopus, Web of Science, DOAJ, iThenticate, dan OJS. Peserta berjumlah 143 editor jurnal dari 152 editor di Indonesia yang berasal dari bidang ilmu eksakta dan ilmu sosial yang jurnalnya masuk kategori SINTA 2 sampai SINTA 4, sudah berbahasa Inggris, serta belum diindeks di SCOPUS maupun Web of Science.

Kegiatan workshop ini diadakan karena jumlah jurnal ilmiah di Indonesia sangat banyak, tetapi dari segi kualitas masih memerlukan peningkatan, terutama untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi jurnal internasional bereputasi. Selain itu, plagiarisme dan etika publikasi saat ini juga menjadi isu penting dalam penerbitan artikel ilmiah di Indonesia dan dunia internasional. Pengetahuan dan kesadaran untuk menghindari plagiarisme dalam penerbitan jurnal manjadi tanggung jawab bersama antara editor jurnal, reviewer, dan penulis. 

Materi workshop disampaikan selama dua hari, yaitu pada tanggal 25 Maret dan 26 Maret 2019. Kegiatan hari pertama dimulai pada pukul 13.00 dengan yang dibuka oleh Ketua Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia (HEBII) diikuti dengan sambutan dari Dr. Lukman (Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah) tentang “Internationalization programs of Indonesian journals”. Beliau menyampaikan bagaimana perkembangan jurnal ilmiah di Indonesia dari jurnal lokal menjadi jurnal internasional. Terdapat 59.134 jurnal yang telah memiliki ISSN, dari jumlah tersebut 37.920 adalah e-jurnal, 2.278 sudah diindeks oleh SINTA, 1.430 sudah diindeks DOAJ, 48 jurnal sudah diindeks SCOPUS, dan 45 jurnal diindeks oleh ESCI.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MoU antara Kemenristekdikti dan Clarivate Analytics yang masing-masing diwakili oleh Dr. Muhammad Dimyati dan Dr. Jeoren Prinsen. Kegiatan workshop diakhiri dengan penutupan oleh Dr. Muhammad Dimyati (Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti). Kegiatan workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam indeksasi menuju jurnal internasional bereputasi.

Read 389 times Last modified on Monday, 19 August 2019 08:28
Admin Utama

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nos exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum.

Latest News

  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia pada tanggal 24 Januari 2020 menyelenggarakan Kongres II bertempat di Pusat Penelitian Pengembangan Peternakan, Bogor, yang dihadiri oleh 59 anggota HEBII dan 5 staf Fasilitasi…
    Kongres II Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia kembali bekerjasama dengan Kemenristekdikti mengadakan kegiatan workshop. Workshop mengambil tema “International Workshop for Journal Editors” dengan tujuan meningkatkan kapasitas pengelola jurnal ilmiah dalam manajemen jurnal…
    International Workshop for Journal Editors
  • Himpunan Editor Berkala Ilmiah Indonesia dan Kemenristekdikti telah bekerjasama menyelenggarakan "Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi” pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2019 di Salak Tower Hotel, Bogor. Kegiatan ini…
    Workshop Asistensi Jurnal Ilmiah Elektronik Menuju Terakreditasi
More News